5701

HARI INI 22
BULAN INI 5701
TAHUN INI 2718

Profil Kabupaten Sidoarjo

Publish Rabu, 15 Mei 2024

Dibaca 59 kali

    Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang bertopografi datar. Terletak pada ketinggian 0 - 25 mdpl. Terbagi dalam tiga bagian (timur - tengah - barat). Secara geografis, Kabupaten Sidoarjo terletak antara 112,5° BT – 112,9°  BT dan 7,3° LS – 7,5° LS dengan batas-batas utara berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik, selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, barat berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan timur berbatasan langsung dengan Selat Madura. Luas keseluruhan Kabupaten Sidoarjo adalah 63.438,534 ha atau 634,39 km2 kabupaten terkecil dan terpadat di daerah Jawa Timur yang mempunyai 1. 996. 825 penduduk (2023). Secara administratrif terbagi menjadi 18 Kecamatan yaitu Kecamatan Sidoarjo (62,56 km2), Kecamatan Buduran (41,03 km2), Kecamatan Candi (40,67 km2), Kecamatan Porong (29,82 km2), Kecamatan Krembung (29,55 km2), Kecamatan Tulangan (31,21 km2), Kecamatan Tanggulangin (32,29 km2), Kecamatan Jabon (81,00 km2), Kecamatan Krian (32,50 km2), Kecamatan Balongbendo (31,40 km2), Kecamatan Wonoayu (33,92 km2), Kecamatan Tarik (36,06 km2), Kecamatan Prambon (34,23 km2), Kecamatan Taman (31,54 km2), Kecamatan Waru (30,32 km2), Kecamatan Gedangan (24,06 km2), Kecamatan Sedati (79,43 km2), Kecamatan Sukodono (32,68 km2), dengan total 31 Kelurahan dan 322 Desa. 

    Kabupaten Sidoarjo termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila dan menjadi penyangga utama Kota Surabaya. Kabupaten ini memiliki julukan Kota Bandeng dan Kota Udang yang menghasilkan komoditi besar ikan bandeng dan udang. Kabupaten Sidoarjo memiliki lambang segilima, berbintang satu, serta setangkai padi, delapan belas butir dan sebatang tebu lima ruas dengan bentuk bulat. Kemudian, didalamnya juga ada ikan bandeng dan ikan udang membentuk hurus S. Lambang Kabupaten Sidoarjo itu juga memiliki panca warna yaitu biru laut, hijau, kuning, hitam dan abu-abu. Sesuai dengan Logo Kabupaten Sidoarjo yang terdapat ikan bandeng dan udang. Yang kemudian  didukung oleh visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yakni dengan visi terwujudnya Kabupaten Sidoarjo yang sejahtera, maju, berkarakter dan berkelanjutan serta misi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan tangkas melalui digitalisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kemudahan berusaha; membangkitkan pertumbuhan ekonomi dengan fokus pada kemandirian lokal berbasis usaha mikro, koperasi, pertanian, perikanan, sektar jasa dan industri untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan; membangun infrastruktur ekonomi dan sosial yang modern dan berkeadilan dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan; membangun sumber daya manusia unggul dan berkarakter melalui peningkatan akses pelayanan bidang pendidikan, kesehatan serta kebutuhan dasar lainnya; mewujudkan masyarakat religius yang berpegang teguh pada nilai-nilai keagamaan serta mampu menjaga kerukunan sosial antar warga. Dalam pelaksanaannya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berpihak selalu kepada kebutuhan masyarakat, menyediakan layanan berkualitas bagi masyarakat dalam memperoleh informasi publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang telah berlaku, juga sekaligus mengikutsertakan partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi jalannya pemerintahan sehingga dapat terbangun budaya yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. 

    Melalui logo, slogan, filosofi, serta visi misi diharapkan dapat terlaksana untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo yang sejahtera, maju, berkarakter dan berkelanjutan. 

    Mulai dari pariwisata, perekonomian, serta pendidikan. Kabupaten Sidoarjo telah membangun satu demi satu fasilitasnya baik fasilitas fisik maupun non-fisik dengan harapan mampu dan terus menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

    Pembangunan dalam bidang fisik terus dilakukan sejak 3 tahun terakhir, dimana kini masyarakat Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya sudah bisa menikmati segala fasilitas. Pembangunan jalan dan jembatan meliputi pembangunan jalan tol Sidoarjo-Surabaya (SOMM), pelebaran jalan raya Porong, Pembangunan Flyover Waru-Tandes, pembangunan jembatan penghubung Geluran-Trosobo dan rehabilitasi jalan raya Sidoarjo-Gresik. Selanjutnya, pembangunan sanitasi dan persampahan meliputi pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Porong, pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jabon, normalisasi Sungai Kalimas, pembangunan jaringan drainase di berbagai wilayah. Pembangunan perumahan dan kawasan permukiman meliputi pembangunan rumah susun (rusun) di Sidoarjo Barat, penataan kawasan permukiman kumuh di berbagai wilayah dan pembangunan fasilitas publik di berbagai desa atau kelurahan. Pembangunan fasilitas pendidikan meliputi pembangunan sekolah baru di berbagai tingkat, rehabilitasi gedung sekolah yang rusak dan pembangunan fasilitas penunjang pendidikan di berbagai sekolah. Fasilitas kesehatan mengalami banyak perkembangan yaitu pembangunan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Sidoarjo Barat, pembangunan puskesmas di berbagai wilayah, rehabilitasi gedung puskesmas yang rusak dam pengadaan alat kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan. Pariwisata berkembang dengan fasilitas yang terus diperbaharui seperti pembangunan Alun-Alun Sidoarjo, pembangunan taman yang berada di Sidoarjo serta pembangunan Gor Delta Sdioarjo serta pembangunan pasar modern di Sidoarjo Barat. 

    Selain pembangunan dan perbaikan sarana prasarana fisik, Kabupaten Sidoarjo juga melaksanakan pembangunan non-fisik berupa pelatihan peningkatan mutu pendidikan, pengembangan pendidikan karakter, peningkatan akses pelayanan kesehatan, peningkatan pencegahan penyakit, pengembangan UMKM, penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan, pembinaan kehidupan beragama, pelestarian budaya, pengembangan bidang pertanian, peningkatan ketahanan pangan, pelatihan penanganan sampah dan pelatihan pelestarian lingkungan. 

    Dari semuanya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo masih akan terus berbenah, memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo maupun para pendatang, karena pada kepuasan masyarakat akan menjadi unsur penting dalam berjalannya pemerintahan yang baik sebagai perwujudan dari slogan, filosofi dan visi misi. Semua aspirasi masyarakat ditampung melalui pelaksanaan Musrenbang atau Musyawarah Rencana Pembangunan di tiap-tiap kelurahan yang didatangi oleh Bupati Sidoarjo. Bersama kita membangun Kabupaten Sidoarjo ke arah yang lebih berjaya. Sidoarjo sayang, Sidoarjo gemilang. 

Bagikan :

Loading...