5701

HARI INI 22
BULAN INI 5701
TAHUN INI 2718

Sejarah Kabupaten Sidoarjo

Publish Selasa, 21 Mei 2024

Dibaca 31 kali

Sejarah Singkat Terbentuknya Kabupaten Sidoarjo

    Kabupaten Sidoarjo memiliki sejarah panjang dan kaya yang berawal dari masa kerajaan-kerajaan kuno di Jawa Timur. Berikut adalah garis besar sejarah terbentuknya Kabupaten Sidoarjo:

Masa Kerajaan Kuno:


    Kerajaan Jenggala (abad ke-8 - 13): Wilayah Sidoarjo sekarang merupakan bagian dari Kerajaan Jenggala, salah satu kerajaan Hindu terbesar di Jawa Timur. Bukti sejarah seperti Prasasti Canggal (859 M) dan Prasasti Pasirpanjang (996 M) menunjukkan keberadaan Kerajaan Jenggala di wilayah ini.

    Kerajaan Majapahit (abad ke-14 - 16): Setelah runtuhnya Kerajaan Jenggala, wilayah Sidoarjo menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit, kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara. Bukti sejarah seperti Prasasti Trowulan (1447 M) dan Prasasti Wates (1473 M) menunjukkan pengaruh Majapahit di wilayah ini.

Masa Penjajahan:

    Kesultanan Demak (abad ke-16): Setelah runtuhnya Majapahit, wilayah Sidoarjo dikuasai oleh Kesultanan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa.

    Kesultanan Mataram (abad ke-16 - 18): Pada masa Kesultanan Mataram, wilayah Sidoarjo menjadi bagian dari wilayah Adipati Surabaya.

    VOC (abad ke-17 - 18): Pada abad ke-17, Belanda (VOC) mulai menguasai wilayah Jawa Timur, termasuk Sidoarjo. VOC membagi wilayah Sidoarjo menjadi beberapa distrik, seperti Surabaya, Gresik, dan Pasuruan.

Masa Kemerdekaan:

    Kabupaten Sidoarjo Terbentuk (12 November 1825): Pada tanggal 12 November 1825, berdasarkan Staatsblad No. 44, Gubernur Jenderal van den Bosch secara resmi mendirikan Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten ini dibentuk dengan memisahkan beberapa wilayah dari Kabupaten Surabaya dan Gresik.

    Perkembangan Kabupaten Sidoarjo: Sejak didirikan, Kabupaten Sidoarjo terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan. Pada masa penjajahan Belanda, Sidoarjo menjadi salah satu sentra perdagangan dan industri gula. Setelah kemerdekaan Indonesia, Sidoarjo berkembang menjadi salah satu kabupaten termaju di Jawa Timur dengan berbagai potensi ekonomi dan budaya.

Tokoh Penting:


R.T.P. Tjokronegoro I: Bupati Sidoarjo pertama (1859 - 1862).

R.T.P. Adipati Soerjo: Bupati Sidoarjo yang terkenal dengan kegigihannya dalam melawan penjajah Belanda (1912 - 1945).

H. Achmad Ali: Bupati Sidoarjo pertama di masa kemerdekaan Indonesia (1945 - 1950).

    Kabupaten Sidoarjo pada dasarnya memiliki sejarah panjang dan kaya yang dipengaruhi oleh berbagai kerajaan dan pemerintahan yang pernah berkuasa di wilayah ini. Sejak didirikan pada tahun 1825, Kabupaten Sidoarjo terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan, menjadikannya salah satu kabupaten termaju di Jawa Timur dengan berbagai potensi ekonomi dan budaya.

Bagikan :

Loading...